Monday, July 28, 2008

Thailand, free land - Day 3

Day 3

Bangun jam 5.30 pagi untuk mengejar sunrise, tapi gue ngerasa gagal. Really bad view…
Alhasil berfoto-foto di sekitar pantai dan jalan mesum, ngga lupa mejeng depan tulisan gede Hard Rock Café Pattaya,....standard..hehe

Pokoknya hari ini kita ngabisin waktu di Pattaya dengan belanja. Hunting kaos berlogo Thailand berlanjut, yang akhirnya dapet juga. Fiuh sebagian misi oleh-oleh setidaknya udah selesai. Sayangnya, mendapatkan patung Buddha titipan abang gue ngga berhasil. Yang lucu, di suatu kios gue nanyain patung Buddha ke ibu penjual, dia tidak bisa berbahasa Inggris. Ya sudah memakai bahasa isyarat Tarzan. Mulai dari memperagakan gaya Buddha sampai menunjuk bentuk patung, si ibu gak ngerti juga…aarggh..desperado gue, ya akhirnya keluar (lagi) dgn tangan hampa.

Jam 12 teng kita check-out, dan berniat kembali ke Bangkok dengan bis menuju Mo Chit Station terus cari bis lagi yang ke Suvarnabhumi Airport untuk terbang menuju Phuket. Usut punya usut, ternyata di stasiun bis Pattaya ada bis yang langsung ke Suvarnabhumi Airport. Ya udah tancepp…

Sebenarnya penerbangan ke Phuket sih jam 21.50 tapi daripada kita buang duit nambah buat late check out atau jalan-jalan di kota Bangkok dengan tentengan gede gini, kita mutusin untuk ‘hang out’ di Suvarnabhumi Airport sampe jam segitu.
Bete juga sih tapi kalau terbayang film Terminal yang sebenarnya banyak bisa dilakukan di airport, apalagi airport besar seperti di Suvarnabhumi Airport, seru juga.


Suvarnabhumi Airport

Suvarnabhumi (yang orang Thai menyebutnya Suvarnabum) merupakan salah satu airport terbesar di Asia, dengan kalau ngga salah 4 level. Kedatangan di level 2, sedangkan keberangkatan di level 4. Satu hal yang pasti amat kita cari di situ adalah makanan, karena mengisi waktu menunggu ya apalagi kalau ngga makan. Food court ada di level 3, yang lucunya kita ngga nemuin McDonalds atau Burger King. Yang belakangan gue tau kalo BK ada di Duty Free. Sedangkan resto yang buka 24 jam ada di Sky Loft tapi berupa fine dining atau resto yang agak resmi gitu.

Hal lain yang membuatku takjub dari Airport ini adalah Mushola nya yang bersih. Untuk negara yang mayoritas pemeluk agama Buddha, hal ini jadi nilai plus.

Di airport kita mencoba makanan Thailand yang waiternya berteriak “Halal!” (walaupun belakangan gak yakin kalo tempat itu 100% halal. Ugh..). Setelah beberapa hari ngidam Pad Thai, akhirnya gw dan Lilo memesan itu plus minuman wajib Thai Ice Tea, disana disebutnya Milk Tea. Kata org, blm afdol kalo ke Thailand ga mimum Thai Ice Tea... yummy…slurp.


PHUKET

Akhirnya sesuai jadwal, kita jadi terbang juga menuju Phuket setelah berjam-jam ngeceng di airport. Tiba di Phuket sekitar pukul 00.30. Bandara Phuket udah sepi dan transportasi yang ada cuma taxi limosin yang ternyata lebih mirip mini bus atau van. Dengan ongkos THB 150 kita dianter ke hotel. Kita naik bareng 4 cewe backpacker juga dari Amerika, yang nampak lebih dekil dari kita (ya iyalah, kita punya waktu 8 jam di Suvarnabhumi untuk pupuran hehe).

Phuket merupakan paduan daerah perbukitan dan pantai, jadi rute dari airport ke hotel bener-bener berliku. Tiba-tiba mobil kita berhenti di semacam toko kecil yang mirip kantor Tour & Travel. Aduh dibawa kemana nih kita?? Daerah sekitar kita gelap dan banyak pohon. Aduh aduh…jangan sampe kita dijual huuhuuu

Dua cewe keluar dari toko/kantor tersebut dan membuka pintu mobil. Aduh aduh…
Ngga taunya mereka senyum en ramah menyapa tapi buntut-buntutnya nanyain kita mau kemana dan darimana. Mulai bete nih, mau tau aja sih kita dari mana. Kita bilang aja dari Malaysia hehe. Mereka udah mulai tuh ngusulin tempat-tempat di Phuket. Salah satu cewe Amrik tadi yang nampaknya leader rombongannya mulai ngomong “Well, we just want to get to the hotel and take a shower” tanpa disuruh, kita pun menyetujui.
Mulai deh tuh nada suara dua cewe tadi berubah jadi jutek dan bilang cuma mau kasih info doang, tapi si cewe Amrik tetep keukeuh bilang seperti tadi. Akhirnya dua cewe tadi membanting pintu mobil. Cieh marah nih ga ditanggepin…?!! Hehe

Kita nginep di Patong Villa Hotel yang lumayan deket dengan pantai, tapi kok pas nyampe kita kyk lewatin gang gitu…waduh. Ternyata dibalik gang tadi ada hotel kita dan lumayan banyak pepohonan.

Karena kita telat memesan tur Phi Phi Island waktu di Jakarta, kita berharap bisa memesan on the spot atau langsung di Phuket. Tapi ada gak tempat tur yang buka jam 1 pagi??? Waktu kita tanya hotel pun mereka menjawab, info tur hotel baru buka jam 10 pagi. Wadohh…sementara setahu kita tur Phi Phi Island itu kebanyakan mulai jam 7 pagi.
Aduh masa sih jauh-jauh ke Phuket ngga eksplor ke Phi Phi Island? Huhuhu…
Kita mutusin hunting disepanjang jalan hotel dan sekitarnya. Rata-rata memang sudah pada tutup kecuali resto2 dan tempat2 mesum, sampai akhirnya kita men-spot satu tempat tur yang lebih mirip tempat jual pulsa telpon kalo di Jakarta hehe.

Kembali lagi kita ngalamin seperti kejadian di Pattaya nih, yang turnya sudah full. Huuu huuuu. Tapi setelah bapak tur menelpon ‘jaringan’nya akhirnya bisa memesan tur ke Phi Phi Island seharga THB 2,800 per kepala sesuai tertera di brosurnya. Glekk…
Ya sudahlah relain aja…
Mungkin juga karena ke-keukeuh-an kita kali ya, usaha kita berbuah hasil, kita dapet diskon, jadi THB 1,500 per kepala. Horee….
Kita bakal dijemput dengan mini bus (lagi2 mini bus) jam 7.30 pagi. Karena pengalaman (nyaris) ditipu di Bangkok kemarin, jadinya mode waspada muncul, sampai berulang-ulang kita meyakinkan dan bertanya kita bener dijemput atau tidak. Si bapak sampe ngasih nomor HP nya untuk meyakinkan kalau dia ngga menipu.
Pas balik ke hotel untuk tidur dan siap2 buat kegiatan esok pagi, si resepsionis hotel nanya kita dr mana. Dia pikir kita abis dugem kali ya, pas kita jawab kita baru dapet tur dgn harga 1,500 THB, dia respon “Yah, knp ga bilang ke saya, kan saya bisa atur..” Yeee…tadi udah nanya situ kali ttg tur ke phi phi island….huuuu.

No comments: