Thursday, July 31, 2008

Thailand, free land - Day 6

Day 6


Grand Palace & Wat Phra Keow

Sesuai rencana dari awal, kita milih pergi ke Grand Palace & Wat Phra Keo, Wat Pho dan Wat Arun justru di hari terakhir. Pukul 08.30, berbekal pengalaman semalem ke pier di Chao Phraya River, kita kembali memilih jalur yang sama seperti sebelumnya. Setibanya di pier yang sama, kok tampak sepi pdhal semalem banyak orang di pier. Ada yang ga beres, kita menuju ke pier ferry semalem dengan anggapan mungkin naiknya dari sana. Dari jawaban jutek ibu2 penjaga tiket (orang yang beda tapi kok sama juteknya ya?), kita tau kalau Si Phaya Pier ada disebelah pier semalem. Lhooo beda toh…kita jalan lagi ke arah yang ditunjuk tapi belum nemu tanda2 adanya dermaga sampai ada beberapa orang keluar dari kayak gang kecil gitu. Pasti itu! Ternyata bener juga!

Ternyata pier semalem adalah River City pier, yaitu dermaga khusus Riverside Plaza Hotel yang khusus untuk cruise. Ooh ngono toh…
Jadi ada 15 pier utama di sepanjang sungai itu berikut pier-pier kecil seperti River City pier tersebut. Kita naik dr Si Phraya Pier (benerannya hehe) menuju Ta Chang Pier atau Pier # 9 yang merupakan dermaga deket Grand Palace berada. Biaya yang dikenakan 20 THB untuk single trip.

Dari dermaga itu kita harus melalui pasar kecil (duh bnyak bgt pasar kecil ditepi dermaga disini!) yang banyak menjual barang2 suvenir dan warung2 makanan dan jajanan kecil. Banyak juga yang menjual serangga2 goreng..eeww.
Dari di Jakarta sampai berada di Thailand ini kita selalu bersepakat jangan sampai ketipu dengan kalimat ‘The Grand Palace is closed’ kalo didekati orang di Grand Palace, begitu juga seperti yang kita baca di internet atau buku2. Jadinya kita sedikit sok tahu ga mo nanya, tapi…masuknya lewat mana ya??? Kita hanya menemukan pintu masuk Wat Pho…tapi nanti dulu kita mau ke Grand Palace. Yang ada cuma tembok tinggi tapi masuk dari mana ya? Tiba2 ada orang baik dan ramah yang mo ngasih tau, dengan senyum kita disapa dari mana…waah ketemu orang baik lagi nih. Dia ngomong trus dengan senyum sampai pada kalimat “Why don’t you go here and here first and…” (sambil nunjuk peta kita). Siaaulll ini mah mo nipu pasti. Ntah kenapa reaksi muka kita kompak berubah dan kayak telepati ayo kita kabur dari dia hehe. Dengan senyum kita menjawab “Oh no it’s ok..thank you so much..” sambil berusaha ngeloyor pergi. Muka orang itu sontak berubah tak ramah. Siauuul ketipu jg, abisan penampilan orang itu rapih sekali dan senyum terus.

Akhirnya kita jalan mengelilingi tembok tinggi tersebut dan menemukan sekerumunan orang keluar dari pintu pagar tinggi. Itu dia!!
Bener aja disitu buanyaak orang belum lagi ada arak2an prajurit penjaga istana lagi jalan berformasi gitu.
Entrance fee Grand Palace 300THB, mahal jg tapi yah karena tempat ini masuk nomor 1 best place to go in Thailand, jadi ya mau ga mau. Untuk masuk kesini harus mengenakan pakaian sopan atau kalau yang memakai celana pendek harus mengenakan kain yang disediakan, karena kompleks istana jg terdapat kuil.
Disini kita asik berfoto terus, sampai akhirnya kita dicolek seorang cowo sambil bertanya “Dari Indonesia jg ya?” gue en Lilo langsung berseru “Iyaaa….” saking senangnya ketemu teman sebangsa, sampai Tina yang terakhir dikenalin (karena sebelumnya berpisah untuk mencari obyek foto) pun waktu dikenalkan malah mukul seru Adrie, cowo itu… serasa ketemu temen lama hahaha.

Langsung kita berempat menikmati wisata ke Grand Palace yang cukup luas ini. Walaupun ramai, tapi suasana relijiusnya masih terasa. Bahkan sehabis mengunjungi kuil Wat Phra Keo yang harus melepas sepatu, menuju area Vimasek Mansion, Adrie baru tersadar bahwa ia kehilangan kameranya. Dengan panik ia berlari ke kuil tersebut disusul oleh kita. Beruntung banget ternyata kameranya masih ada bertengger deket tempat membuka sepatu. Fiuuh…mungkin ya karena relijius tempat itu, ga ada yg berani mencuri.

Sayangnya kita harus berpisah dengan Adrie disitu karena akan melanjutkan kunjungan ke Wat Pho dan Wat Arun, sementara Adrie sepertinya punya rencana lain. Till we meet again, bro…
Entah karena kecapean atau lapar, tapi kesan di Wat Pho ga sedalem waktu di Grand Palace & Wat Phra Keow, walaupun di Wat Pho terdapat Reclining Buddha atau Buddha lenggahan hehe.

Menuju Wat Pho, masih aja ditawarin calo2 or penipu wisata, malah ada yang kasar teriak WAT PHO!! Iyaaa kita denger, ga budek!! Hehe…karena panas, baik suasana hati maupun udara, malah jadi beli es dung dung ala Thailand hehe.

Selepas itu kita kelaperan dan mutusin makan di pasar kecil tadi di sebuah warung/resto kecil yang keliatannya ramai, baru setelah itu kita naek ferry dari situ untuk nyeberang menuju Wat Arun, the highest Wat. Ngomong2 soal highest, karena aga takut ketinggian, gue mutusin tetep dibawah sambil memotret mereka berdua yang naek keatas. Biaya masuknya cukup gede 50 THB, pdhl kayaknya kompleksnya kecil. Sebnarnya waktu yang terbaik memotret Wat Arun ini adalah pas sunset tapi karena sudah terlalu capek kita cabut dari situ siang menjelang sore hari aja.

Khaosan Road

Dari Wat Arun kita nyeberang lagi, dan berniat ke Khaosan Road, daerah nginep para backpacker. Walaupun kita gak nginep disitu tapi setidaknya pengen tau kayak apa siy daerah yang banyak dibincangin ini. Dari depan Wat Pho ada bis nangkring dan setelah bertanya ke ibu2 disitu, kita mesti naek bis model PPD no. 44.
Bis-bis di Bangkok mirip dengan di Jakarta, yang aga sembrono bedanya di Bangkok banyak juga kenek cewe, dan uang dari penumpang dimasukkan ke tempat uang yang lonjong gt ditenteng2 oleh keneknya. Bis yang non AC jendelanya terbuka lebar dan ada kipas angin di langit2 bis. Waduuh…apa ga pada masuk angin ya???

Pdhal kita dah ngomong ke mba kenek bis mo turun di Khaosan Road (walaupun dgn bahasa Tarzan) tapi tetep kelewatan jg, dan muka mba kenek seolah bilang ‘Khaosan Road dah lewat tuh’ yeee meneketehe!
Pas turun malah kebingungan ga nemu Khaosan Road. Nanya orang sekitar dan penjual mereka ga tau (atau ga ngerti??), yang akhirnya Lilo nanya ke pos polisi disekitar situ, baru deh nemu, pdhl pas nyari2 tadi kita udah lewatin jalan tersebut. Arrgh…

Di Khaosan Road, penuh para bule lalu lalang dan juga banyak dijual barang2 suvenir yang lucu2. Duh gatel pengen beli…Akhirnya sih kita blanja juga disini, beli oleh2 buat di kampung hehe.



Suan-Lum Night Bazaar

Arah pulang yang diambil adalah kita kembali ke dermaga Ta Chang, jalan pulang lewat sungai lebih asik. Tapi kali ini kita menuju ke Taksin Bridge atau pier paling ujung, yang deket dengen stasiun MRT Saphan Taksin untuk mengantar kita menuju stasiun MRT Lumphini untuk selanjutnya jalan kaki ke Suan Lum Night Bazar. Jalan kaki dari stasiun MRT Lumphini Park bukan pilihan bagus bagi yang udah seharian jalan, krn cukup jauh untuk jalan kaki, tp dekat untuk naik taksi. Suan-Lum Night Bazaar merupakan pasar besar yang menjual barang2 murah kalau kita jago nawarnya. Disini barang2 yang dijual ga jauh beda dari Chatuchak Market, hanya lbh mahal sdikit dan bentuk barangnya jg lbh rapih. Disini kita ketemu penjual tas kecil Thailand yg bisa menyapa dengan "Apa kabar?!" . Walaupun hnya itu yg bisa dia ucapin tapi seneng jg dengernya hehe.

Selesai belanja blenji, kita makan di resto disitu yang suasananya romantis, tapi banyak nyamuk hehe. Disitu baru deh mengkaji kembali perjalanan kita di Thailand, karena merupakan malam terakhir bersama Lilo, yang bakal balik besok pagi dengan penerbangan pukul 06.00. Wuuiihh…
What a tiring but fun days…!

2 comments:

Anonymous said...

Mbak.....

Informasinya sungguh membantu, mau tanya,apakah kalau ke grand palace mesti pakai sepatu?kalau pakai sandal yang mirip-mirip sepatu terus pake kaos kaki boleh ngak ya? kalau kita tidak bawa apakah disana bisa sewa atau pinjam?

shanshine said...

setahu saya sih gak papa krn toh kita membuka sepatu/sendal pd saat masuk ke kuil. Yg sngt dipentingkan adalah pakaian. Sama spt di Bali, pakaian terbuka tidak boleh dan kalo ga bawa akan dipinjamkan (sewa).